Sabtu, 29 Juli 2017

4 ketrampilan dalam Bahasa Indonesia

Haloooo semuaa!!!!!! Kembali lagi sama saya Desi Nataliaaa. Hari ini saya akan membahas salah satu pelajaran yang banyak digemari banyak orang yaitu Bahasa Indonesia.hari ini,saya akan membahas topik tentang ceramah. Mari kita lihat pokok-pokok pembicaraannyaa!!!!

Saat kita bersekolah, pasti kita pernah diajarkan 4 ketrampilan yang ada di dalam bahasa Indonesia yaitu:
1.       Berbicara
2.       Menyimak
3.       Membaca
4.       Menulis

Keempat hal ini sangat penting untuk kalian yang belajar bahasa Indonesia dan akan bermanfaat untuk kalian di kehidupan sehari-hari. Sekrang,saya akan membahas lebih dalam tentang menyimak karena menyimak adalah hal yang paling penting. Ini adalah perbedaan dari keempat ketrampilan yang ada diatas:

1.       1. Mendengar
Mendengar bisa kita gunakan dengan indra pendengar. Secara tidak langsung,terkadang kita sering mendengar bunyi yang kita tidak sadari. Bunyi itu akan menarik perhatian atau tidak.
Contohnya: -Saya mendengar tukang baso lewat dari depan rumah saya.

2.     2.   Mendengarkan
Mendengarkan adalah hal yang kita respon dari sesuatu yang kita dengar dengan benar. Mendengarkan lebih serius dibandingkan mendengar secara biasa.
Cotoh: - saya menonton film horror.

3.     3.   Menyimak
Menyimak adalah hal yang kita dengar dan kita tanggapi dengan sangat serius.
Contoh: -saya menyimak pelajaran yang diajarkan pak Martinus dan saya jelaskan kembali di depan kelas.

Ada 2 hal yang dapat menggangu kita untuk menyimak yaitu:
1.       Gangguan dari dalam diri
Contohnya: saya mengantuk pada saat pada saat pak Martinus mengajar karena semalam saya begadang sampai subuh.
2.       Gangguan dari luar diri
Contohnya: Tasya menggangu saya pada saat saya sedang mendengarkan pak Marudut menjelaskan materi di depan kelas.

Pembelajaran Bahasa Indonesia dibagi menjadi 2,yaitu:
1.               -  Bahasa
Bahasa adalah cari kita berbicara dan saling berinteraksi.

- Sasta dibagi menjadi 2 yaitu Drama dan cerpen.

        Unsur-unsur yang terdapat di dalam sastra ada:
- Unsur instrinsik:
a.       Tema
b.      Latar
c.       Alur
d.      Penokohan
e.      Amanat
f.        Sudut pandang

-  Unsur Ekstrinsik:
a.       Latar belakang

Sekian dari penjelasan saya, trima kasih…….


Tidak ada komentar: