Kamis, 20 Juli 2017

Perjalanan Cornelis de Houtman ke Indonesia



Image result for perjalan cornelis de houtman ke indonesia                                        Image result for perjalan cornelis de houtman ke indonesia

Pada tahun 1592 Cornelis de Houtman dikirim oleh para pedagang Amsterdan ke Lisboa. Para pedagang itu memastikan bahwa kota Banten adalah tempat yang paling tepat untuk membeli rempah-rempah. Pada 1594, mereka mendirikan compagnie van verre yang memiliki arti perusahaan jarak jauh, Pada 2 April 1595, mereka membawa empat buah kapal meninggalkan Amsterdam. Perjalanan mereka memiliki banyak masalah dari penyakit sariawan hingg kekurangan makanan. Pada saat perjalanan, mereka mengalami pertengkaran sehingga mengakibatkan banyak orang yang terbunuh. Di Madagaskar, masalah semakin bertambah sehingga kematian banyak sekali terjadi disana sehingga diberi nama kuburan Belanda.

pada tanggal 27 juni 1596, mereka tiba di Banten dengan banyak orang sekitar 249 orang. Pada awalnya, penduduk banten menerima Belanda tetapi, awak kapal Belanda yang kasar sehingga mereka di usir oleh Sultan Banten dan petugas Portugis yang berada di Banten. mereka melanjutkan perjalanan menuju utara pantai jawa. pada saat mereka tiba disana, mereka mengalami masalah disana sehingga pangeran madura terbunuh. Beberapa awak kapal Belanda pun ditangkap sehingga Cornelis de Houtman harus membayar denda.

Lalu kapal mereka berlayar menuju Bali, dan bertemu dengan Raja Bali. Mereka memperoleh pot America pada 26 febuary 1597. Pada saat mereka mengisi persediaan air dan bahan-bahan di ST.Helena mereka dilarang oleh kapal-kapal portugis. Dari 249 awak, hanya 87 awak yang berhasil kembali. Cornelis de Houtman tewas di atas geladak kapal Aceh ketika mereka sedang bertempur dengan Inong Balee yang dipimpin Malahayati pada tanggal 11 september 1599 dalam pertempuran satu lawan satu.












Sumber: wikipedia

Tidak ada komentar: